Terbaru

Amerika Serikat

Eropa

Inspirasi

Kuliahku

Sarjana

Master



Norwegia merupakan salah satu negara yang memiliki kepadatan penduduk terendah ke dua di benua eropa. Ibu kota negara ini bernama Oslo. Salah satu yang menonjol dari kekayaan alam norwegia ialah menjadi satu-satunya negara penghasil minyak dan gas alam terbesar di luar timur tengah. Negara nordik sebutan norwegia merupakan negara skandinavia yang juga berbatasan dengan tiga negara yaitu Swedia kemudian Finlandia serta Rusia. Norwegia salah satu negara yang indah di eropa dan masih terlihat alami yang dipenuhi oleh pegunungan dan gletser. Norwegia juga terkenal sebagai “Tanah Matahari Tengah Malam” karena terletak diwilayah paling Utara di bumi karena pada musim-musim tertentu matahari tidak pernah terbenam.

Oslo sebagai ibu kota juga menjadi pusat ekonomi di norwegia, mulai dari pusat perdagangan, perbankan, industri dan pengiriman. Selain itu juga menjadi tempat yang sangat penting bagi eropa dibidang industri dan perdagangan maritim di Eropa yang menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan besar Eropa.

Kuliah di Norwegia

Salah satu perguruan tinggi Norwegia yang masuk daftar 10 Universitas Top Eropa 2015 ialah Universitas Oslo menurut webometrics, sedangkan pada 2013/2014 masuk peringkat ke 89 QS World University Rankings. Untuk masuk di universitas-universitas norwegia relatif  mudah dengan menggunakan sistem 23/5 yang artinya anda harus berusia 23 tahun serta 5 tahun untuk pendidikan dan bekerja, namun untuk masuk disetiap universitas memiliki sistem yang berbeda hika anda akan masuk S2 anda harus mempersiapkan EILTS minimal 6,0 dan Toefl 550, khusus untuk masuk “Norwegian University of Science and Technology” anda harus mencapai EILTS minimal 7,0 dan Toefl IBT 90. Universitas terkenal di norwegia yaitu “University of Oslo”, “University of Bergen”, “Norwegian University of Life sciences” dan “Norwegian University of Science and Technology”.

Biaya Pendidikan

Norwegia menerapkan biaya pendidikan sangat murah baik untuk mahasiswa lokal maupun mahasiswa internasional. Biaya pendidikan master atau S2 sekitar NOK300-600 atau Rp 600,000-1,500,000 dengan kualitas pendidikan yang sudah diakui dunia. untuk masuk ke Norwegia sebagai pelajar anda harus mentransfer uang sejumlah NOK 94,400 ke universitas yang anda tuju namun setelah anda sampai ke Norwegia uang anda akan dikembalikan seluruhnya setelah anda membuat rekening bank Norwegia. Dengan biaya pendidikan yang sangat murah anda harus mempersiapkan biaya hidup yang lumayan tinggi, namun anda bisa mengakali dengan kerja Part time sebagai pelayan restoran, mengajar kemampuan bahasa dan sebagainya. Gaji di Norwegia termasuk tinggi bagi warga negara Indonesia karena perjam anda akan di bayar sekitar $10-15 atau Rp 120,000-200,000. Untuk ijin kerja part time, pelajar hanya di beri 20 jam perminggu/3 jam perhari yang artinya anda akan mendapat Gaji sekitar Rp 2,400,000-4,000,000 perminggu, pastinya bisa mencukupi biaya hidup di Norwegia.
Salah satu masjid yang ada di kota Oslo, Norwegia

Pemandangan yang indah pada malam hari dari bukit di kota Oslo, Norwegia.

Rumah Khas yang ada di Norwegia

Alam Norwegia


Berita Terkait
Komentar Anda