Terbaru

Amerika Serikat

Eropa

Inspirasi

Kuliahku

Sarjana

Master


Salah satu bangunan Indah khas Eropa di Belgia

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di Eropa, pasti semua ingin kuliah disana ? yap selain pendidikan disana memiliki kualitas dunia dengan biaya pendidikan murah bahkan banyak yang gratis tis! namun juga keindahan Eropa yang menakjubkan menjadi daya tarik mahasiswa internasional untuk bermimpi kuliah di Eropa, seperti bentangan alam di negara-negara nordik, yaitu Finlandia, Norwegia, Irlandia dan lainya memiliki keindahan yang eksotis.
Suasana malam di Norwegia

Ada dua Hal yang menarik dari pendidikan di Eropa, yaitu memiliki kualitas dunia dan biaya hampir gratis, mungkin kuliah di Eropa yang sudah familiar dibenak anda adalah Inggris, German, Belanda dan Prancis namun masih banyak negara-negara yang kualitasnya tak kalah dengan negara-negara tersebut seperti Italia, Swedia, Swiss, Belgia, Finlandia, Denmark, Norwegia dan lainya. contohnya ialah Norwegia, mungkin orang banyak yang tidak mengenal negara ini, negara kaya dari hasil perut bumi ini membebaskan seluruh biaya pendidikan bagi warga negaranya dari Play Group, S1 hingga S3. Salah satu universitas terbaik ialah Universitas Oslo, tidak terkenal memang namun di Eropa universitas ini menempati urutan ke 10 dari seluruh benua Eropa menurut webomatrics tahun 2015, juga tidak jauh berbeda dengan peringkat versi lain, bagi mahasiswa internasional yang akan melanjutkan S2 di universitas ini hanya dikenakan biaya SPP 330 NOK/1,5 juta persemester atau 4,5 juta hingga selesai S2 tapi dengan biaya awal 10-13 juta untuk mempersiapkan segala persyaratan. oleh karena itu pendidikan  di Norwegia lebih murah biayanya daripada dengan negara-negara lain bagi mahasiswa internasional, hal serupa di terapkan juga oleh Finlandia dan juga negara-negara nordik lainya.

Eropa memang menjadi primadona bagi pelajar yang ingin menimba ilmu baik eksak maupun soshum dari seluruh dunia, namun sebelum anda kesana perlu disiapkan bahasa, biaya serta tekat yang kuat. Minimal bahasa yang anda siapkan adalah bahasa inggirs untuk belajar di Eropa, untuk kehidupan sehari-sehari anda harus belajar bahasa penduduk lokal paling tidak bahasa dasarnya terutama di German. Salah satu keuntunganya ialah ketika kita mencari kerja part time akan lebih mudah diterima. Next, Biaya adalah syarat paling penting ketika anda menuntut ilmu di Eropa bagi yang tidak mengandalkan beasiswa, karena biaya hidup disana jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Indonesia namun untuk mengakalinya anda dapat kerja Part Time, seperti bekerja direstoran, bar, kantin dan minimarket atau sebagai cuci piring di restoran. Itss jangan salah gajinya lumayan loh bisa untuk mengganti biaya hidup selama anda studi. Seperti di Belgia dan norwegia perjam anda akan dibayar 8,5 -11 Euro atau Rp 120,000-150,000 perjam dan seminggu anda diberi maksimun bekerja selama 20 Jam, jika diluar itu adalah Ilegal. Itung sendiri ya jika anda memanfaatkan part time selama 20 jam perminggu gajinya berapa ?.  tapi untuk di german anda harus berpikir panjang kuliah dengan kerja Part time. Yang terakhir adalah tekat yang kuat, ini sangat penting karena anda akan jauh dari saudara-saudara terutama orang tua, harus mandiri dan apalagi jika tidak pernah jauh dari orang tua juga lingkungan dan budaya yang berbeda.

Berita Terkait
Komentar Anda